Jumat, 09 Juni 2017

Kajian Makna Bulan Romadhon

Tentang Bulan Romadhon..

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ - 2:185

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. Q.S Al Baqarah 185


Romadhon ( رَمَضَانَ ) :

Ro = Putaran, Siklus, Memutari, Memagari, Membatasi
Mim = Sesuatu
Dhod = Tengadah, berlainan, menyimpang, beraneka macam, menyenangkan
Alif = no.1, dasar, awal
Nun = Data Informasi, Ketentuan, Hukum2x Allah

Jadi Romadhon adalah :
  • Membatasi sesuatu yang menyimpang dari awal/dasar ketentuan.
  • Jadi orang yang mendatangi Romadhon adalah orang yang bisa meng "Ro" (memutari, membatasi) sesuatu "Mim" yang "Dhod" (berlainan, menyimpang) dari Awal/dasar ( Alif ) Ketentuannya "Nun".

Urutannya adalah :
  • Mengidentifikasi apa saja ketentuan yang bersifat Dhod (menyimpang) menurut Aturan Allah.
  • Memagari, membatasi sesuatu yang bersifat Dhod tersebut.

Contoh :
  • Pagi dan siang hari yang pada bulan lain kita diperbolehkan makan, minum dan bercampur (suami istri), namun khusus di bulan Romadhon, kita malah diperintahkan untuk berpuasa dan menahan berbagai macam gelombang/gejolak/nafsu yang bisa membatalkannya.
  • Malam hari yang harusnya dipakai untuk istirahat, malah dianjurkan untuk menghidupkan malam2x di bulan Romadhon dengan Qiyamul Layl dan amalan ilmu & ibadah lainnya.
  • dll...

Berdasarkan ayat diatas :

"Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah", ( فَلْيَصُمْهُ ).


Puasa ( Ash Shiyam ) :

Shod = Menundukkan
Ya = Gelombang, Gejolak
Alif = Awal, Dasar, Puncak,
Mim = Sesuatu
Sehingga Makna Puasa adalah :

- Menundukkan gelombang, gejolak dasar sesuatu. Bukan hanya menundukkan/menahan makan dan dahaga saja, namun juga menundukkan segala macam gelombang, gejolak dari sesuatu yang mempengaruhi dan bisa membatalkan proses penundukkan gejolak tsb.

Huruf Dhod di kata Romadhon juga bermakna "Menyenangkan". Apa saja sesuatu yang menyenangkan yang hadir di bulan Romadhon ?

Untuk lebih lengkapnya bisa disimak di audio di bawah ini..

https://archive.org/details/SerialKajianMukjizatHurufAlQuran/serial+huruf+40+ramadhan+.wav

Tidak ada komentar:

Posting Komentar