Minggu, 05 Juli 2020

Kisah Nabi Ibrahim Alaihissalaam, Burung dan Gunung

Bagaimana Allah SWT Menghidupkan Orang Mati

Kisah yang berkaitan dengan kata Jibal atau Gunung ini adalah kisah tentang Nabi Ibrahim A.S yang menginginkan agar ALLAH SWT memperlihatkan bagaimana cara ALLAH SWT menghidupkan orang yang sudah mati agar hati beliau menjadi tenang.

Permintaan Nabi Ibrahim A.S ini kemudian ALLAH SWT kabulkan dengan cara mengutus Nabi Ibrahim AS untuk mencincang empat ekor burung yang kemudian masing-masing diletakkan di atas tiap-tiap Gunung, lalu burung-burung tersebut hidup kembali atas izin ALLAH SWT saat Nabi Ibrahim AS memanggilnya.


Kisah ini terekam di dalam Surah Al Baqoroh ayat 260 seperti yang tersurat sebagai berikut :


Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Allah berfirman, “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Dia (Allah) berfirman, “Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing (Jabalin/Gunung) satu bagian, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. Q.S Al Baqoroh 260
 
Dari ayat diatas, timbul pertanyaan, dimanakah lokasi Nabi Ibrahim A.s menyembelih dan meletakkan potongan2x burung yang beliau cincang dan beliau letakkan di atas masing2x Gunung tersebut ? Jika ada 4 ekor burung, berarti beliau juga berada di wilayah pegunungan Jabalin/Gunung yang saling berdekatan sehingga bisa ditelusuri letak atau lokasi pegunungan tersebut.

Kajian tentang makna kata Gunung berdasarkan huruf Al Qur'an di posting sebelumnya. link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar