Rabu, 08 Juli 2020

Lebah dan Gunung di dalam Al Qur'an

Surah An Nahl ( Lebah )

Di dalam Al Qur'an terdapat surah tentang Lebah yang bernama Surah An Nahl, Surah ini adalah surah ke-16 dari 114 Surah yang ada di dalam Al Qur'an. Begitu banyak keajaiban tentang lebah yang bisa kita dapatkan dari Surah ini. Salah satunya adalah tentang penomoran Surah An Nahl yang merujuk kepada nomor atau angka 16 dimana nilain angka 16 ini adalah jumlah atau nilai kromosom yang dimiliki oleh lebah madu.

Lebah dan Gunung

Di dalam Surah An Nahl ayat 68, Allah SWT memerintahkan atau mewahyukan sang lebah untuk membuat sarang yang berada di gunung-gunung, di pepohonan (kayu), dan di tempat yang dibikin atau disediakan manusia. berikut ini ayatnya :

Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, Q.S An Nahl 68

Lebah di Pegunungan Afrika Timur

Lebah madu yang hidup di hutan pegunungan Afrika Timur terlihat dan berperilaku berbeda dari lebah yang menghuni savana dataran rendah di sekitarnya. Lebah gunung lebih besar, lebih gelap dan kurang agresif dibanding lebah savana, dan bisa terbang pada suhu yang lebih rendah dan menghemat madu saat bunga tidak mekar.

Untuk memahami dasar genetik adaptasi ketinggian ini, para peneliti mengurutkan genom dari 39 lebah dari dua dataran tinggi dan dua populasi dataran rendah di Kenya.

Genom dari semua populasi sangat mirip, namun dua daerah yang terletak pada kromosom 7 dan 9 menunjukkan perbedaan yang konsisten antara lebah yang hidup di lingkungan dataran tinggi dan rendah.

Segmen pada kromosom 7 berisi mis. gen reseptor untuk neurotransmitter disebut octopamine, yang berperan dalam pembelajaran dan mencari makan. Perbedaan yang jelas dari kedua variasi genetik ini menunjukkan bahwa mereka memiliki asal usul kuno dan mungkin ada di populasi lebah sebelum kelompok tersebut menyebarkan habitat gunung dan savana mereka.

Lebah Pegunungan dan Dataran Rendah
Lebah madu Afrika Timur diatas, The dark monticola bee (atas) adalah lebah yang tinggal di hutan dataran tinggi yang terisolasi sedangkan lebah scutellata terang (bawah) muncul di padang rumput dataran rendah di sekitarnya.

Lebah madu yang tinggal di Pegunungan Afrika Timur memiliki variasi genetik yang berbeda dibandingkan dengan kerabat sabana mereka yang mungkin membantu mereka bertahan di ketinggian tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar